:::: MENU ::::
  • 22.25
Vertical Rescue adalah usaha pertolongan yang dilakukan pada medan-medan vertikal. Usaha pertolongan ini sebenarnya memerlukan keterlibatan beberapa pihak/ aspek. Aspek medis, komunikasi, teknik dan masih banyak lagi. Pada kesempatan ini kita hanya membahas masalah teknik, yaitu masalah evakuasi pada medan-medan vertikal. 

Pada proses pertolongan ini ada beberapa hal yang harus selalu kita ingat :
  • Safety Procedure, adalah prosedur untuk keselamatan korban maupun penolong sendiri selama proses    evakuasi, biasanya merupakan perhitungan jumlah pengaman yang terpasang.
  • Prinsip pemindahan beban, adalah berbagai kondisi dan cara yang harus dilakukan untuk memindahkan beban baik dari suatu lintasan tali ke lintasan yang lain maupun pemindahan beban korban ke penolong. Untuk dapat melakukan hal di atas kita harus terlebih dahulu mengetahui peralatan yang kita pakai, baik jenis, fungsi, maupun prinsip kerja dari peralatan tersebut.
  • Kasus beban, Kasus yang paling besar ditemui pada suatu operasi vertical rescue adalah beban, terutama pada saat   evakuasi korban ke atas (lifting). Dengan beberapa sistem yang ada kita bisa mengurangi beban selama proses evakuasi.
  • Instalasi yang dibuat baru selalu memperhitungkan arah gaya yang ada atau yang harus diciptakan.
Arah gaya yang dimaksudkan adalah berhubungan dengan bentuk instalasi yang dirancang, hal ini digunakan untuk memperhitungkan gaya yang harus diciptakan untuk mengangkat korban ke atas, dan berhubungan dengan kekuatan tambatan serta peralatan.


materi vertical rescue, teknik vertical rescue, vertical rescue equipment, vertical rescue gunungkidul, vertical rescue solutions, vertical rescue systems, vertical rescue course, rescue panjat tebing
for service information Contact us